Kamis, 16 September 2010

tips aman belanja online


00.43 |


Sekarang semenjak kemunculan FJB di kaskus membuat banyak orang beralih dari belanja secara biasa (tradisional/offline) ke belanja online, dan cara pembayrannya pun sudah mulai beragam, mulai dari paypal (untuk internasional) dan juga melalui kaspay (untuk lokal, punya kaskus) atau ada juga yang masih melalui transfer uang antar rekening, namun tidak jarang juga ada orang yang kena tipu ketika berbelanja online, nah untuk yang tidak ingin kena tipu atau setidaknya meminimalisir terkena tipu maka saya punya beberapa tips dan trik berbelanja online yang aman, berikut tips dan triknya:
1. Apabila anda berbelanja melalui forum jual-beli kaskus/FJB kaskus maka lihatlah reputasi dari ID tersebut, berapa lama dia sudah menjadi member kaskus dan juga berapa banyak posting yang mereka lakukan. Semakin baik reputasi maka bisa dikatakan semakin positif, semakin lama ia menjadi member forum kaskus maka akan semakin positif juga dan posting yang banyak berarti semakin positif juga.
2. (khusus Kaskus) Lihat gambar produknya, apakah diambil dari lapak seller yang lain juga atau tidak, karena biasanya mereka dapat dengan mudah mengambil gambar dari lapak penjualan yang lain, dan mungkin niatnya kurang baik, karena apabila mereka punya produk sendiri pastilah gambar produknya juga punya sendiri.
3. Jangan belanja SESUATU YANG ILEGAL, ingat hal ini amatlah penting, karena apabila si penjual/seller tersebut bermasalah kita tidak dapat melaporkannya ke POLISI, karena barang yang kita ingin beli adalah produk ilegal maka nantinya kita akan kena getahnya juga, pastikan barang yang anda beli adalah LEGAL. Sebagai Ilustrasi:
Si A (Pembeli) memesan barang Blackberry Gemini BM (Black Market) kepada si B (penjual), dan si A telah mentransfer sejumlah uang ke rekening si B, namun setelah beberapa hari blackberry yang dijanjikan tersebut pun tidak kunjung datang. Namun karena barang yang diperjualbelikan adalah barang ilegal maka apabila si A melapor ke polisi untuk melaporkan tindak penipuan yang dilakukan si B maka si A akan terjerat hukum juga karena telah membeli barang ilegal (blackberry gemini BM/Black market). Maka tindakan terbaik adalah si A sebaiknya tidak melapor ke POLISI.
4. Sebisa mungkin lakukanlah COD, khususnya apabila jarak kita dekat dengan jarak si pembeli, hal ini berguna untuk memastikan bahwa barang yang kita pesan sesuai dengan bentuk yang ditampilkan di forum.
5. (Khusus Kaskus) Apabila kita tidak dapat melakukan COD namun jumlah transaksi terlalu besar (hingga jutaan rupiah) maka sebaiknya gunakanlah REKBER (Rekening Bersama).
6. Pastikan kita menyimpan struck bukti transfer uang yang telah kita lakukan, karena menurut UU ITE struck tersebut memiliki kekuatan hukum, maka hal itu dapat menjadi bukti.
7. Cek daftar nomor rekening yang ter-blacklist, hal ini sangat penting.
Mungkin itu saja tips dan trik yang saya berikan untuk tetap aman berbelanja online, dan memperkecil resiko kena tipu.


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar